Suka Lecet Kalau Pakai Sepatu Baru? Begini Cara Mengatasinya!

Image result for 10 Trik Agar kaki tidak sakit saat pakai sepatu hak tinggi

sudah pernah tidak sich kakimu lecet waktu memakai sepatu tersendiri, khususnya sepatu yang baru saja dibeli? Bila sudah pernah, pasti keadaan ini membuat kamu benar-benar tidak nyaman, ya. Ditambah lagi bila ini berlangsung waktu Kamu sedang melakukan aktivitas. Duh, tentu benar-benar menjengkelkan. Lecet pada kaki karena pemakaian sepatu dapat dikarenakan oleh faktor-faktor, contohnya ikatan yang begitu ketat, bahan sepatu yang tidak lentur, sampai insole yang begitu keras. Nah, untuk menangani keadaan ini, yuk baca penjelasannya di bawah ini! 

Apa yang mengakibatkan kaki lecet waktu memakai model sepatu safety ? 
Kulit yang lecet, disebutkan dengan blister, berlangsung karena terdapatnya gesekan yang terus-terusan di antara kulit dengan benda kasar. Pada intinya, keadaan ini dapat berlangsung di semua anggota badan, bukan sekedar di bagian kaki. Walau membuat tidak nyaman, nyatanya berlangsungnya proses lecet ini malah baik lho, Gengs. 

Masalahnya berdasar sebagian pakar, lecet adalah satu bentuk self defense atau pertahanan badan yang dikerjakan kulit, supaya Kamu tidak alami cedera yang lebih serius serta lebih menyakitkan. Bentuk pertahanan badan ini diawali dengan dikeluarkannya cairan untuk penuhi ruangan yang seringkali tergores, sampai membuat satu bantalan berisi cairan, yang biasa kita ucap dengan kulit melepuh. 

Bagaimanakah cara menangani cedera lecet pada kaki? 
Lecet di bagian kaki pasti benar-benar menyiksa, ditambah lagi bila Kamu sedang sibuk-sibuknya melakukan aktivitas. Nah, untuk menangani keadaan ini, Kamu dapat ikuti pendapat dari beberapa pakar dengan memakai lip balm. Lip balm yang dioles-oleskan di bagian lecet bisa kurangi efek berlangsungnya gesekan, yang mengakibatkan kulit berasa makin perih. Serta, lip balm dapat menahan kulit yang melepuh tidaklah sampai pecah serta keluarkan cairan lengket. 

Walau demikian, beberapa pakar merekomendasikan agar lip balm yang dipakai semestinya terbuat berbahan alami serta tidak memiliki kandungan pewarna, supaya tidak memunculkan iritasi. Langkah lain yang bisa dikerjakan untuk menangani lecet pada kaki dengan memakai plester atau kasa steril setiap saat Kamu mulai merasakan tidak nyaman waktu kenakan sepatu. 

Seterusnya, bila nyatanya Kamu baru mengerti jika cedera lecetmu telah dalam keadaan pecah serta keluarkan cairan yang lengket dan sangat terasa perih, semestinya selekasnya bersihkan kaki dengan memakai sabun dengan berhati-hati. 

Sesudah dicuci, sediakan baskom berisi air hangat serta masukan 5 sendok makan garam dapur ke dalamnya. Rendam kaki dalam baskom itu sepanjang 15 menit. Angkat kaki serta keringkan memakai handuk lembut, lalu semprotkan cairan antibakteri atau alkohol. Langkah paling akhir, balut sisi kaki yang lecet memakai plester atau kasa steril. 

Apa ada langkah untuk menahan supaya kaki tidak lecet? 
Walau seringkali berlangsung, bukan bermakna cedera lecet tidak dapat Kamu jauhi lho, Gengs. Dikutip dari Women's Health, menurut Merin Yoshida, seseorang podiatrik (pakar penyakit kaki), serta dokter kulit Rebecca Kazin, MD., ada cara-cara yang dapat dikerjakan untuk menahan berlangsungnya lecet karena pemakaian sepatu, diantaranya: 

Yakinkan bila sepatu yang Kamu pakai mempunyai ukuran, bentuk, serta manfaat yang sesuai aktivitasmu. Untuk pastikan ukuran yang pas, Kamu dapat mencobanya dengan cara langsung di toko waktu siang hari, saat Kamu banyak bergerak. Sebab waktu Kamu banyak bergerak, saluran darah semakin banyak mengalir ke badan sisi bawah serta membuat kaki jadi membesar. Nah, bila Kamu beli sepatu di waktu ini, karena itu ditanggung sepatumu tidak berasa sesak serta kesempitan. Kamu juga dapat terlepas dari lecet. 

Bila sepatumu masih berasa kaku, semestinya jangan paksakan diri untuk memakainya. Ini cuma akan membuat kakimu lecet, Gengs. Langkah paling baik untuk membuat lebih longgar ialah menyumpal sisi dalam sepatu dengan kaus kaki tebal atau handuk kecil yang tebal. Diamkan sepatu dalam keadaan semacam ini dalam tempo beberapa waktu. Sesudah di rasa bertambah nyaman, karena itu Kamu dapat memakainya kembali untuk melakukan aktivitas. 

Pakai antirespirant untuk menahan kaki tidak cepat berkeringat. Kaki yang berkeringat lebih gampang lecet, sebab keringat memfasilitasi gesekan di antara kulit kaki dengan sisi dalam sepatu. 

Tetap siapkan plester bila Kamu seringkali alami lecet. Lekatkan di bagian kaki yang merasa tidak nyaman waktu Kamu melakukan aktivitas memakai sepatu. 

Walau terlihat sepele, tetapi lecet pada kaki dapat benar-benar batasi aktivitasmu. Karena itu, yakinkan Kamu tetap memakai sepatu dengan ukuran serta peranan yang pas ya, Gengs!

Komentar