Keselamatan Kerja Karyawan Di Perusahaan Migas

Related image

sepatu safety murah - Perminyakan memerlukan sumber daya manusia yang handal. Tidak ada SDM yang baik, akan tidak dapat memperoleh minyak. Tidak dapat dipungkiri bila peroleh minyak itu bukannya perkara mudah. Banyak hal yang perlu dipikirkan agar tidak terjadi kecelakaan kerja. Minyak yang sekian bernilai itu pastinya tidak bisa di banding dengan harga nyawa manusia. Orang Indonesia yang tidak terlalu disangka miliki potensi hanya dapat jadi operator, mandor atau supervisor, dan sangat jarang dapat duduk sama tinggi dengan beberapa direktur atau CEO dari negara asing. Menyebabkan, bangsa ini hanya dapat gigit jari saksikan kekayaan bangsa sendiri dikeruk oleh bangsa beda. Cukup menyedihkan apabila kekayaan negara terus-menerus digerus. Termasuk masalah keselamatan. Apabila memang ada anak bangsa yang bisa buat peralatan keselamatan, maka hal seperti ini makin lebih baik sekali lagi.

Tidak ada seorang-pun yang berkeinginan untuk celaka ketika bekerja. Oleh karena itu, bermacam cara Anda lakukan agar selamat saat bekerja. Dengan memperhatikan setiap peristiwa yang berada di perusahaan, sedikitnya beberapa problem keselamatan kerja masih tetap perlu peroleh perhatian ekstra dari umumnya orang. Bicara tentang keselamatan kerja karyawan harus membahas tentang bagaimana membuat perlindungan keselamatan di lingkungan kerja, sebab keselamatan karyawan akan banyak dikaitkan bagaimana usaha perusahaan membuat perlindungan karyawannya. Dalam beberapa problem kecelakaan karyawan kenyataannya perusahaan pun ikut diusut oleh pihak berwenang. Perusahaan yang memiliki tingkat kecelakaan tinggi pada lingkungan kerja. Memiliki resiko negatif untuk perusahaan sendiri, salah satunya yakni tidak direferensikan atas sertifikat ISO, peroleh penalty dari pemangku regulasi, dan terdapat beberapa sekali lagi.

Bekerja di anjungan eksplorasi minyak lepas pantai atau off shore juga memiliki potensi bahaya yang menarik hebat. Untuk bekerja dibagian hanya orang yang berkwalifikasi unggul. Waktu kerja di rig lebih panjang dari pada kerja kantoran, yakni 12 jam. Oleh karenanya orang yang bekerja di rig terkecuali pandai juga memiliki fisik yang kuat, hati-hati dan jeli. Standar keselamat kerja di sini sangat tinggi. Setiap pegawai dilengkapi baju dan sepatu anti api, helm Kevlar, rompi dan pelampung. Demikian juga dengan safety kit pendukung beda. Selain itu karyawan harus tahu bagaimana langkahnya pertolongan pertama pada kecelekaan kerja. Karena rig offshore berada ditengah samudera dan sangat jauh dari tempat tinggal sakit.

Oleh karena itu, membuat perlindungan keselamatan kerja karyawan yakni sebuah kewajiban yang perlu ditempuh dan dipikirkan oleh perusahaan. Menghindar dan ingindalian bahaya pada perusahaan migas seperti :

  • Kurangi segi peluang kebakaran dari sumber. Misalnya hubungan listrik. Menghindar ini harus di lengkapi dengan peralatan pemadam kebakaran yang baik. 
  • Penanggulangan kedaruratan termasuk fasilitas komunikasi dan medis. 
  • Pengawasan kesehatan dan melindungi personal hygiene yang baik di samping pemakaian Alat Pelindung Diri (APD) yang tepat seperti pakaian pelindung, sepatu safety dan lain-lain, termasuk penyediaan fasilitas menghindar keracunan dan pengadaan pertolongan pernafasan. 
  • Mematuhi ketetapan K3 
  • Pelatihan K3 untuk semua pekerja sama seperti bagian kerja dan product semasing, termasuk didalamnya emergency drill. 

Ketetapan dan ketetapan yang diterapkan oleh hukum untuk memikul keselamatan fisik pekerja yang diadopsi oleh perusahaan untuk menghindar insiden sesuai sama itu terjadi. Setelah itu keselamatan kerja yakni tanggung jawab untuk tahu ketetapan keamanan yang berlaku dan belajar bagaimana untuk mengerjakannya.

Komentar