latest Post

Cara Membuat Blog – SEO dan Optimalisasi Blog

Image result for 9 Tips Mempromosikan Blog

jasa pembuatan website jakarta - Konten yang berguna yaitu penentu paling besar dari keberhasilan sebuah situs (blog). Walau demikian, apalah makna dari sebuah content menarik bila tak ada yang membacanya? Content anda mungkin sangat informatif dan insightful, tetapi jika tak ada usaha untuk membawa content anda ke tengahnya audiens, sama juga anda mematikan potensi content itu dengan perlahan-lahan.

Pada seri cara buat situs (blog) bagian ke-3 ini, kita juga akan menyelami lebih dalam mengenai optimalisasi mesin pencari (SEO). Saya juga akan mengulas banyak hal basic seperti instalasi Google Analytics dan Google Search Console kedalam situs (blog), dan beberapa panduan menarik untuk memaksimalkan content yang kamu bikin agar lebih “bersahabat” dengan mesin pencari.

Kenapa melakukan SEO?

Content yaitu raja. Dengan buat content yang menarik untuk pembaca, traffic akan tiba dengan sendirinya ke situs (blog) anda. Walau demikian, jika website situs dan content yang kamu bikin tidak dimaksimalkan dengan melakukan SEO, anda juga akan alami sedikit kesusahan untuk menarik audiens organik kedalam website milikmu.

Tidak sekedar hanya tingkatkan traffic, SEO termasuk esensial pada suatu website situs. Hal semacam ini karena sebab :

  1. Jalan keluar alternatif iklan yang irit biaya. Terkecuali tambah lebih murah, efek yang dibuat juga biasanya lebih baik di banding iklan. 
  2. Mesin pencari yaitu gerbang utama internet. Umumnya pemakai mesin pencari relatif berkunjung ke lima website tertinggi yang keluar ketika mereka mencari sebuah keyword tertentu. Dengan mengaplikasikan SEO, anda juga akan dapat memakai kesempatan ini untuk memperoleh lebih banyak pengunjung. 
  3. Tingkatkan keyakinan pengunjung website. SEO bukan sekedar terus-terusan mengenai mesin pencari. Dengan mengaplikasikan beberapa segi beda, seperti penambahan pengalaman pemakai dan tingkat kebergunaan sebuah website situs, anda akan memperoleh pemakai sekaligus tingkatkan keyakinan mereka. 
  4. Kelebihan tehnis di banding website sama yang lain. Jika terdapat dua website yang memiliki info atau jual product/jasa semacam, website yang mengaplikasikan SEO juga akan memperoleh lebih banyak pengunjung. 

Setelah anda ketahui mengenai kelebihan apa sajakah yang didatangkan oleh SEO, saya juga akan memandu anda untuk melakukan SEO pada situs (blog) anda. Artikel ini juga akan menerangkan beberapa langkah untuk melakukan instalasi Google Analytics dan Google Search Console pada situs (blog) WordPress yang sudah di buat di step sebelumnya.

Dengan ketahui bagaimana audiens berhubungan pada website anda, anda juga akan berada satu langkah lebih baik dibanding dengan pesaing.

Instalasi Google Analytics

Mengetahui siapa audiens anda dan apa sajakah yang mereka kehendaki yaitu salah satu usaha melakukan SEO, sekaligus jadi aspek penting yang juga akan memastikan keberhasilan sebuah website situs atau situs (blog). Salah satu usaha yang bisa anda kerjakan untuk mengetahui audiens yaitu dengan memakai Google Analytics. Tool gratis dari Google ini juga akan memberikanmu info mengenai :

  • Siapapun audiens yang berkunjung ke situs (blog) anda, seperti tempat mereka, dengan browser apa mereka terhubung situs (blog) anda, resolusi layar pemakai, bhs yang mereka pakai, dan info yang lain. 
  • Apa yang audiens kerjakan ketika mereka ada didalam situs (blog) anda. Anda dapat lihat seberapa lama mereka ada didalam situs (blog), halaman mana yang seringkali dikunjungi, content seperti apa yang buat audiens meninggalkan situs (blog), berapakah halaman rata-rata yang audiens saksikan ketika ada didalam situs (blog), dan banyak statistik yang lain. 
  • Kapan audiens berkunjung ke situs (blog), dengan info ini, anda juga akan ketahui waktu paling baik untuk mengunggah content yang sudah kamu bikin. 
  • Dari tempat mana audiens terhubung situs (blog). Anda dapat lihat dari tempat mana audiens temukan situs (blog) anda. Apakah lewat mesin pencari, sosial media, tautan dari website situs beda, atau memang mereka segera mengetikkan URL situs (blog) anda di browser mereka. Google Analytics akan tunjukkan pada anda detil dari setiap sumber traffic, jadi anda dapat memastikan konsentrasi terbaikmu dari data yang anda dapat. 
  • Bagaimana audiens berhubungan dengan content. Anda dapat lihat berapakah banyak audiens yang mengeklik sebuah tautan tertentu. 

Banyak data beda yang dihidangkan oleh Google Analytics. Data-data ini dapat anda pakai untuk tingkatkan pengalaman pemakai dan memberi info apa yang mereka perlukan ketika terhubung situs (blog) anda melalui SEO.

Sebelumnya melakukan instalasi Google Analytics, anda harus buat account terlebih dulu. Untuk melakukan hal semacam ini, anda dapat berkunjung ke tautan ini.

Anda juga akan lihat penampilan seperti yang anda saksikan dibawah. Bila anda sudah memiliki account Gmail, anda dapat memakai account itu untuk melakukan sign-in. Belum juga memiliki account Gmail? anda harus membuatnya terlebih dulu sebelumnya berlanjut ke step selanjutnya.

Setelah melakukan sign-in dengan account Gmail, anda juga akan mendaftarkan account Google Analytics dengan account Gmail anda.

Pada layar setelah itu, anda juga akan diberi pilihan untuk memilih pada situs atau mobile app. Untuk kepentingan situs (blog) kesempatan ini, optimis kalau anda memilih situs.

Isilah info yang terkait dengan info website situs, seperti nama account, nama website bersama URL, kelompok industri, dan zone waktu yang dipakai.

Di bagian Data Berbagi Settings, pakai penyusunan yang direferensikan dengan meninggalkan daftar isian tetaplah aktif. Setelah usai, click tombol “get tracking ID” dan setujui Prasyarat dan Ketetapan Google (anda dapat membacanya sebelumnya menyepakatinya, atau segera melaluinya dengan menghimpit tombol “I agree“).

Saat ini layar juga akan menghadirkan layar Google Analytics Tracking ID. Biarlah layar ini tetaplah terbuka sembari anda buka dashboard WordPress pada website milikmu, karena nanti anda juga akan mencocokkan Tracking ID itu dengan data yang ada pada situs (blog) anda ketika Google Analytics sudah terpasang.

Melakukan instalasi Google Analytics di WordPress
Untuk melakukan instalasi Google Analytics di WordPress, anda hanya perlu mengambil sebuah plugin yang disiapkan Google. Plugin itu dapat dibuka lewat dashboard WordPress situs (blog) milikmu dengan mengeklik Plugins Add New.

Ketikkan “Google Analytics” pada kotak “Search Plugins…”. Layar juga akan menghadirkan beberapa pilihan plugin buat kamu pilih.

Pilih Google Analytics dengan click tombol “install now”. Setelah usai, click tombol “activate” untuk aktifkan plugin itu. Anda juga akan kembali dibawa ke halaman Plugins.

Setelah plugin aktif, saat ini anda hanya perlu menghubungkan Google Analytics dengan situs (blog) anda. Click “settings” dibawah judul plugin Google Analytics. Setelah anda masuk ke layar Settings, click tombol “authenticate with Google”.

Anda juga akan disuruh untuk melakukan autentifikasi profil lewat Google. Ini dilakukan agar anda dapat terhubung statistik dari situs (blog) anda segera dari dashboard WordPress. Click tombol “authenticate with Google”, lalu kerjakan login dengan account Google yang anda pakai saat mendaftar Google Analytics. Click tombol “allow” untuk meneruskan.

Setelah sukses melakukan login, anda juga akan lihat sebaris kode pada layar. Salin kode itu dan masukan pada kotak di atasm lalu click “save changes”.

Saat ini Google Analytics sudah tersambung dengan situs (blog) anda. Langkah paling akhir yaitu dengan memilih account Google Analytics yang anda pakai pada kotak dibagian atas. Cocokkan kembali Tracking ID yang berada di samping nama situs (blog) anda dengan halaman dashboard Google Analytics yang belum juga kita tutup sebelumnya. Jika sama, Selamat! Google Analytics sudah terpasang di situs (blog) anda.

Setelah terpasang pada situs (blog), Google Analytics baru juga akan aktif bekerja dalam periode waktu 12 sampai 24 jam setelah instalasi. Jadi anda harus sedikit bersabar sembari selalu buat content baru.

Instalasi Google Search Console

Setelah usai menempatkan Google Analytics, saat ini waktunya anda kembali memperkaya situs (blog) milikmu dengan Google Search Console. Software gratis dari Google ini juga akan menolong anda agar bisa lebih tahu mengenai website situs anda, hingga mempermudah saat melakukan SEO.

Berlainan dengan Google Analytics yang peruntukannya lebih untuk data pemasaran dan bisnis, Google Search Console ini lebih fokus pada bagian tehnis dari website situs atau situs (blog) anda. Google Search Console sangat mungkin anda untuk :

  • Meyakinkan agar Google dapat terhubung content yang kamu bikin. 
  • Memajukan content baru untuk dilacak Google dengan crawler mereka, dan menghapus content yang tidak mau anda saksikan di hasil pencarian. 
  • Buat dan memantau content yang sukses menarik perhatian audiens di hasil pencarian. 
  • Melakukan maintenance pada situs (blog) tanpa ada mengganggu kemampuannya pada mesin pencari. 
  • Memantau dan menyingkirkan problem malware atau spam agar website situs tetaplah bersih. 

About Unknown

Unknown
Recommended Posts × +

0 komentar:

Posting Komentar