latest Post

Pengertian Humas, Tujuan Humas, Fungsi Humas, Prinsip Humas, Manfaat Humas

Related image

tugas biro konsultasi pr - Dalam kesempatan ini admin ingin mengulas tentang humas. Mungkin di antara sahabat ada yang telah tahu atau mengerti apakah itu humas. Tetapi tidak dapat disangkal bila masih tetap ada yang belum juga terlalu mengerti atau bahkan juga belum juga tahu sekalipun tentang apakah itu humas. Untuk sahabat yang masih tetap bingung tentang humas, sahabat dapat memerhatikan keterangan tentang humas berikut ini untuk mengerti selanjutnya.

Public Relations/Hubungan orang-orang atau disingkat Humas yaitu seni membuat pengertian umum yang lebih baik hingga dapat mempedalam keyakinan umum pada individu atau organisasi.

Menurut IPRA (International Public Relations Association), Humas adalah peranan manajemen dari ciri yang terencana dan berkepanjangan melalui organisasi dan instansi swasta atau umum untuk memperoleh pengertian, simpati dan support dari mereka yang berkaitan atau barangkali ada hubungan dengan riset opini umum di antara mereka.

Terkecuali pengertian humas di atas, pengertian humas yaitu sebuah sistem yang terus-terusan dari usaha manajemen untuk memperoleh tekad baik dan pengertian dari pelanggan, pegawai dan umum yang lebih luas. Dalam pekerjaannya, seseorang humas buat analisa dalam dan perbaikan diri, dan buat pernyataan keluar.

Pengertian Humas Menurut Beberapa Ahli
Berikut ini pengertian-pengertian humas yang dikemukakan oleh beberapa pakar :

1. Scott M. Cutlip dan Allen H. Center 
Menurut Scott M. Cutlip dan Allen H. Center, Humas yaitu peranan manajemen yang menilainya sikap umum, mengidentifikasi kebijakan dan tatacara seorang atau organisasi untuk kebutuhan umum, dan berencana dan melakukan suatu program aktivitas untuk peroleh pengertian, pemahaman dan support dari publiknya.

2. J. C. Seidel 
Menurut J. C. Seidel, Humas yaitu sistem yang berkepanjangan dari usaha manajemen untuk peroleh niat baik dan pengertian dari langganannya, pegawai, dan umum biasanya ; kedalam dengan membuat analisa dan perbaikan pada sendiri, keluar dengan membuat pernyataan-pernyataan.

3. W. Emerson Reck 
Menurut W. Emerson Reck, Humas yaitu lanjutan dari sistem penetapan kebijaksanaabn, pemilihan service dan sikap yang sesuai dengan kebutuhan beberapa orang atau kelompok agara orang atau instansi itu peroleh keyakinan dan niat baik dari mereka. Ke-2, proses, service dan sikap yaitu untuk menanggung ada pengertian dan penghargaan dan penghargaan yang sebaik-baiknya.

4. Public Relation World Conference 
Menurut Public Relation World Conference, Humas yaitu paduan pada seni dan ilmu dan pengetahuan yang memperdiksi kecenderungan, memprediksi konsekwensi, berikan anjuran pada pimpinan organisasi, dan melakukan gagasan aktivitas seperti yang sudah diputuskan untuk melayani kebutuhan umum dan organisasinya.

5. Cutlip, Center dan Broom 
Menurut Cutlip, Center dan Broom, Humas yaitu peranan manajemen yang membuat dan menjaga hubungan yang baik dan bermanfaaat pada organisasi dengan umum yang merubah keberhasilan dan kegagalan organisasi itu.

6. The British Institute of Public Relation 
Menurut The British Institute of Public Relation, Humas yaitu suatu usaha merencanakan dan berkaitan untuk membina dan pelihara niat baik maupun pengertian dengan pada organisasi dengan orang-orangnya.

7. Frank Jeffkins 
Menurut Frank Jeffkins, Humas yaitu suatu hal yang terbagi dalam semua bentuk komunikasi merencanakan baik kedalam ataupun ke luar pada organisasi dengan publiknya untuk menjangkau maksud khusus, yaitu pengertian dengan.

8. Jeffkins & Daniel Yadin 
Menurut Jeffkins & Daniel Yadin, Humas yaitu sebuah system komunikasi untuk membuat kemauan baik.

Lihat juga : kelemahan dan kelebihan corporate pr

Maksud Humas 
Berikut ini yaitu maksud Hubungan Orang-orang (Humas), salah satunya :

  • Tingkatkan partisipasi, support dan pertolongan dengan konkret dari orang-orang baik itu berbentuk tenaga, fasilitas prasarana maupun dana untuk kelancaran dan tercapainya maksud organisasi. 
  • Merangsang dan menghidupkan rasa tanggung jawab yang semakin besar pada orang-orang pada keberlangsungan program organisasi itu dengan efisien dan efektif. 
  • Mengikutsertakan orang-orang dalam memecahkan persoalan yang dihadapi. 
  • Menegakkan dan meningkatkan citra yang untungkan untuk organisasi pada beberapa stakeholdernya dengan tujuan yang berkaitan yaitu umum internal dan umum eksternal. 
  • Buka peluang lebih luas pada beberapa pemakai product/lulusan dan pihak yang berkaitan untuk partisipasi dalam tingkatkan kualitas organisasi. 

Peranan Humas 
Menurut Edward L. Bernays, peranan hubungan orang-orang atau humas yaitu :

  • Memberi penerangan pada umum. 
  • Melakukan persuasi pada umum untuk merubah sikap dan perilaku umum. 
  • Usaha menjadikan satu sikap dan tingkah laku instansi sesuai sama sikap dan perbuatan orang-orang atau sebaliknya.

Pekerjaan Humas 
Menurut Hadari Nawawi dan Martini Hadari (1994 : 193), pekerjaan hubungan orang-orang atau humas yakni :

  • Menebarluaskan info mengenai suatu ide, agar maksud atau maksud dan faedahnya di ketahui oleh beragam pihak di orang-orang. 
  • Menyiapkan bahan yang terbaru mengenai suatu hal yang juga akan dikomunikasikan pemimpin pada orang-orang atau pihak tertentu dalam pidato, wawancara, ceramah, pemasaran seminar dan beda sebagainya. Bahan itu dapat berupa rencana atau makalah yang sebelumnya sudah di baca dan di ketahui berisi oleh pimpinan. 
  • Memberi kejelasan info yang telah di sampaikan administrator/pemimpin pada orang-orang atau pihak yang berkaitan. 
  • Membuat dan meningkatkan gagasan yang berhubungan dengan service orang-orang yang di sampaikan pada administrator/pemimpin untuk memperoleh kesepakatan. 

Prinsip Humas 
Prinsip hubungan orang-orang (humas) salah satunya yakni :

  • Hubungan orang-orang bekerja atas basic kenyataan bukanlah fiksi. 
  • Humas yaitu sebuah service sosial, bukanlah service personal. 
  • Humas harus wujudkan program aktivitas untuk mencari support orang-orang atas kebijaksanaan dan program instansi yang diwakilinya. 
  • Humas tidak bisa melakukan penipuan ataupun membohongin mass media. 
  • Humas harus jadi komunikator yang efisien dalam makna sesungguhnya. 
  • Humas harus melandaskan aktivitasnya pada riset ilmiah di bagian pendapat umum. 
  • Harus dapat bekerja bersama dengan beberapa pakar di bagian beda. 
  • Humas berkewajiban menerangkan problem mengenai krisis yang dihadapi instansi yang diwakilinya.

About Unknown

Unknown
Recommended Posts × +

0 komentar:

Posting Komentar