Panduan Web Hosting Untuk Pemula

Image result for Memilih Hosting

jasa pembuatan website di jakarta selatan - Untuk yg tidak menekuni didunia website mungkin banyak yang belum juga tahu apakah itu situs hosting. Di masa serba internet ini makin banyak website baru bermunculan, dan situs hosting adalah layanan yang sangat diperlukan untuk membuat website. Dan saat ini pertanyaan yang keluar yaitu :

Apa Itu Situs Hosting? 

Ketika kita membuat website, pastinya kita ingin website kita dengan semua kontennya seperti artikel, photo, video dan content yang lain, dapat diliat oleh orang di internet. Untuk menaruh file-file website ini kita memerlukan computer yang sering dimaksud situs server. Dan situs hosting ini adalah layanan jasa penyewaan situs server yang sangat mungkin kita untuk menaruh file dan content website kita, hingga website kita dapat jalan dan diliat banyaknya orang di internet.

Siapa Itu Situs Host? 

Siapapun perseorangan atau perusahaan yang memiliki server sendiri atau menyewa situs space di situs hosting besar dapat di panggil situs host. Situs host yang menyewa situs space dari perusahaan situs hosting besar dan lalu menyewakannya sekali lagi dengan mereknya sendiri, dimaksud dengan reseller hosting. Perusahaan hosting besar seperti Amazon Situs Service, Google Cloud, Microsoft Azure memiliki datacenter mereka senidir yang bisa menaruh juta-an website ataupun aplikasi situs.

Layanan Apa Saja Yang Disiapkan Oleh Penyedia Situs Hosting? 

Yang paling basic yang disiapkan oleh situs hosting pastinya yaitu space untuk menyimpan file website. Diluar itu terdapat beberapa layanan dan product beda yang disiapkan misalnya pendaftaran nama domain, e-mail hosting, sertifikasi SSL, dan masih tetap banuak sekali lagi. Bahkan juga ada perusahaan yang tawarkan jasa penambahan untuk design situs ataupun buat situs.

Apa Saja Type Situs Server Hosting? 

Biasanya penyedia situs hosting sediakan beberapa type pilihan situs server hosting yang dapat kita pilih sesuai sama keperluan dan biaya kita.

Shared Server Hosting 

Hosting ini yang paling murah, karena hosting ini yaitu shared atau sharing. Di mana satu computer situs server, space-nya dibagi dan disewakan ke beberapa pemakai. Type hosting ini pas untuk website yang baru yang belum juga terlalu banyak pengunjung dan harga sewanya juga murah. Tetapi karena kita sharing satu sumber daya, biasanya bila yaitu problem pada satu website, website kita dapat juga terserang imbasnya, seperti terinfeksi malware.

Dedicated Server Hosting 

Bila type hosting ini, kita menyewa satu situs server untuk kita sendiri. Kita bebas melakukan apa sajakah pada server kita sendiri, tetapi pastinya harga yang perlu dibayar tambah lebih mahal dari Shared Hosting. Server ini diperlukan oleh website besar yang telah memiliki banyak traffic, atau website bisnis seperti website e-Commerce.

Cloud Server Hosting 

Cloud Server adalah tehnologi baru yang inovatif, harga nya lebih murah dari Dedicated Server tetapi memiliki peranan yang lebih baik. Banyak website besar yang telah berpindah memakai Cloud Server.

Cloud Server memiliki feature yang lebih aman, stabil, dan murah. Beberapa server dapat melakukan tindakan jadi satu system dan memiliki banyak kelebihan seperti ketika satu server alami masalah, maka juga akan ambil sumber daya dari website beda, hingga website kita juga akan tetaplah jalan tidak ada masalah. Diluar itu system keamanannya lebih terjamin, dan menariknya kita hanya membayar apa yang kita pakai saja. Dan banyak kelebihan beda dari Cloud Server.

Type System Operasi Yang Dipakai? 

Seperti yang kita ketahui didunia ini system operasi yang paling popular yaitu Windows dan Linux. Demikian halnya dalam dunia hosting, system operasi yang popular yaitu Windows dan Linux.

Lihat juga : jasa pembuatan website di tangerang

Di dunia hosting di kenal dengan Windows Hosting dan Linux Hosting. Anda dapat memilihnya berdasar pada keperluan dari website anda. Misalnya saja anda membuat website memakai CMS seperti WordPress, Joomla, Drupal atau yang berbasiskan PHP yang lain dapat memilih Linux Hosting, Windows Hosting juga mensupport PHP. Atau bila anda memakai ASP,. NET atau product dari Microsoft maka anda harus memilih Windows Hosting, Linux Hosting tidak mendukungnya.

Komentar