Atribut yang Perlu Diperhatikan dalam Pengembangan Website

Pada tahap tiga ini untuk mendesain pengalaman pelanggan, maka digunakanlah metode quality function deployment. Setelah meneliti tingkat kepentingan dan perbandingan antara website PT TL dengan PT Prima Manunggal dengan menggunakan perhitungan metode analisis QFD (Quality Function Deployment ), maka dapat disimpulkan bahwa website PT TL memiliki kekuatan yang masih dibawah website PT Prima Manunggal. Hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi website yang memperlihatkan bahwa website PT TL dikategorikan Kurang Baik dengan nilai 37,74 sedangkan website PT Prima Manunggal dikategorikan Baik dengan nilai 51,46. Oleh karena itu, sekarang sudah banyak digital agency yang menawarkan jasa pembuatan company profile untuk membantu mempromosikan perusahaan secara digital.

Selain itu, website PT TL juga belum memberikan manfaat yang maksimal bagi para pelanggan dilihat dari hasil evaluasi website yang memperlihatkan bahwa informasi produk yang lengkap, jelas, dan up to date masih dinilai kurang baik. Dengan adanya focus group discussion maka kebutuhan-kebutuhan pelanggan yang selama ini belum terpenuhi juga bisa diketahui seperti fasilitas customer online, pemesanan online, dan FAQ (Frequently Asked Question). Hal ini penting untuk diketahui oleh perusahaan agar perusahaan selalu dapat meningkatkan pelayanan nya terhadap pelanggan. Website PT Prima Manunggal juga belum mempunyai fasilitas-fasilitas tersebut, maka ini merupakan peluang bagi PT TL untuk mengembangkan website nya dan mengungguli pesaing-pesaing nya.

Pada penilaian tingkat prioritas pada atribut-atribut website, dapat dilihat bahwa nilai tertinggi yang perlu diperhatikan dalam pengembangan website berdasarkan kebutuhan pelanggan PT TL adalah informasi produk yang jelas dan up to date dengan nilai 15,36 ,kemudahan navigasi dengan nilai 12,72, dan informasi mengenai perusahaan dengan nilai 11,91. Sedangkan untuk tingkat parameter teknis tingkat user friendly memperoleh presentase tertinggi sebesar 42,49. Selain itu perlu melakukan update terus menerus baik itu mengenai informasi perusahaan, informasi produk, dan lain sebagainya sangat diperlukan karena parameter ini mempunyai tingkat persentase sebesar 21,28. Parameter teknis yang lain seperti kecepatan akses mempunyai tingkat persentase sebesar 15,37 dan reliable sebesar 20,84.

Dengan hasil analisis yang mengatakan bahwa website PT TL masih kurang baik dibanding website perusahaan pesaing, maka ini merupakan langkah awal bagi PT TL untuk memperbaiki serta mengembangkan e-marketing khususnya website agar dapat lebih baik dibanding dengan pesaing serta dapat memenuhi kebutuhan pelanggan yang selama ini belum terpenuhi. Bahkan, saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan digital agency yang menawarkan jasa pembuatan company profile untuk membuatkan websitenya.

Komentar