3 Tips Aman Berkendara Saat Hujan. Apa yang Harus Diperhatikan?

Image result for 3 Tips Aman Berkendara Saat Hujan. Apa yang Harus Diperhatikan?

Musim hujan datang !

Tidak cuma musibah alam, musim hujan juga mengundang bahaya di jalan raya. Ini dikarenakan oleh jalanan sebagai lebih licin, belum juga lubang di jalan yang tidak kelihatan sebab tertutup oleh kubangan air.

Faktanya saja, angka kecelakaan di jalan raya umumnya bertambah. Kecelakaan ini terbagi dalam kecelakaan tunggal serta kecelakaan yang menyertakan orang lain.

Jika telah ini, pasti Kamu serta orang yang berada di seputar akan merasakan rugi. Tidak cuma harus bawa kendaraan ke bengkel, Kamu dapat juga saja harus bayar ubah rugi serta ongkos ke rumah sakit.

Tidak ingin ‘kan ini berlangsung?

Ingat! Tidak cuma harus berhati-hati, kecelakaan di jalan raya dapat dijauhi bila kita menyiapkan semua sesuatunya dengan masak.

Agar lebih jelas, yuk kita ulas panduan berkendara waktu hujan!

#1: Kendaraan Harus Siap Sebelum Dipakai Waktu Hujan
Persiapan kendaraan jadi satu diantara aspek terpenting yang perlu disediakan waktu musim hujan hadir. Jangan cuma asal dapat jalan, Kamu harus juga memperhatikan beberapa hal berikut:

Check Keadaan Semua Ban
Ban salah satu yang sangat penting untuk dilihat saat bawa kendaraan waktu hujan. Keadaan jalanan yang licin tentu saja harus di dukung oleh keadaan ban yang betul-betul sempurna.

Hal yang perlu dikerjakan ialah memeriksa desakan angin pada semasing ban. Umumnya ini bisa dengan gampang diketemukan di bagian bagian belakang pintu, laci dasbor, atau dibalik tutup tangki bensin.

Janganlah sampai ban kempes saat kendaraan sedang dipakai untuk tempuh perjalanan yang cukup jauh. Periksalah minimum 1x dalam satu bulan!

Tidak cuma desakan anginnya, Kamu harus juga memperhatikan apa ban masih bagus ataukah tidak. Bila karet ban telah tipis, seharusnya selekasnya ubah sebelum berlangsung hal yang tidak diharapkan di jalan raya.

Jalur ban yang masih baik akan menolong Kamu untuk terlepas dari efek melayang-layang di atas air (aquaplaning) serta tergelincir (slip) saat hujan.

Ban Aus

Check Semua Lampu
Ban telah usai dicheck? Sekarang waktunya mengecek semua lampu!

Diawali dari lampu depan atau lampu penting terlebih dulu. Yakinkan keduanya menyala secara baik sebab lampu depan benar-benar diperlukan saat hujan.

Seterusnya, yakinkan lampu rem menyala secara baik. Saat hujan besar, umumnya jalanan akan kelihatan kurang jelas. Jika telah begini…

Lampu belakang serta lampu rem akan berjasa memberitahu pengendara yang ada di belakang.

Janganlah lupa untuk menggunakan sepatu safety dan memeriksa lampu sen (lampu sinyal belok) yang berada di sisi depan serta belakang mobil.

Check Kontrol Penting
Apa yang terhitung sisi kontol penting kendaraan?

Sisi ini terbagi dalam kemudi, pedal gas, pedal rem, serta kopling. Yakinkan semua bagiannya bisa berperan dengan benar-benar baik serta tidak ada satupun yang macet.

Seharusnya beri perhatian serta perawatan tambahan pada tiap sisi, terutamanya waktu musim hujan. Ini benar-benar disarankan supaya bisa terlepas dari beberapa hal yang tidak diharapkan, terhitung dari kecelakaan.

Telah memeriksa semua sisi kendaraan Kamu? Adakah yang perlu diperbaiki? Jika ya, seharusnya selekasnya bawa serta ke bengkel serta jangan dipending !

Banyak orang meremehkan beberapa hal di atas sampai pada akhirnya berlangsung kecelakaan. Bukan itu saja, ada pula yang begitu “sayang” bawa kendaraan ke bengkel bila belum betul-betul rusak.

Walau sebenarnya, coba pikirkan bila kendaraan dibiarkan dengan keadaan yang apa yang ada. Apa yang berlangsung? Kemungkinan bisa saja berhenti, tetapi yang setelah itu mesin tidak berperan secara baik serta pada akhirnya kecelakaan.

Jika telah ini, ongkos yang perlu dikeluarkan juga pasti tambah lebih besar dibanding bawa kendaraan ke bengkel. Rugi ‘kan?

Nah, bila telah mengecek semua sisi mobil serta tidak ada yang memiliki masalah, Kamu harus juga:

#2: Lihat Ketentuan Berkendara waktu Hujan!
Kebanyakan orang pasti sudah mengetahui jika berkendara waktu hujan memerlukan kehati-hatian tambahan. Meski begitu, masih ada orang yang berpikir jika berhati-hati itu bermakna “tidak ngebut” serta “waspada memperhatikan sekitar”.

Jika Kamu masih berpikir demikian, bermakna Kamu belum mengerti apakah yang dimaksud dengan “berhati-hati berkendara waktu hujan”.

Cara-cara berikut ini memang berkesan simpel, tetapi bisa selamatkan nyawa Kamu serta keluarga saat ada di jalan raya waktu hujan. Langsung, lihat serta kerjakan banyak hal berikut ini:

Siaga Waktu 30 Menit Pertama
Bagaimana tujuannya?

Butuh Kamu tahu jika hujan yang barusan turun membuat jalanan jadi benar-benar licin. Tingkat kelicinannya juga berlainan dengan jalan yang telah lama basah sebab hujan.

Ini dikarenakan oleh jalanan yang semula tidak basah, jadi basah. Diluar itu, ini dikarenakan oleh lumpur serta minyak yang semula telah jadi kering, pada akhirnya terserang air hujan. Ini membuat susunan jalan jadi benar-benar licin.

Akibatnya…

Kamu akan kesusahan mengatur mobil serta ini umumnya berlangsung seputar 30 menit pertama terhitung semenjak hujan mulai turun. Oleh karenanya, pada saat ini Kamu harus lebih siaga serta meluncur benar-benar berhati-hati.

Jangan Ngebut!
Kurangi kecepatan mobil saat berkendara waktu hujan ialah hal yang harus dikerjakan. Waktu hujan jalanan tidak cuma licin sebab air, tetapi juga bisa licin sebab air yang bersatu dengan oli yang bertebaran.

Jika hal itu berlangsung, karena itu bisa ban mobil Kamu tergelincir atau slip. Agar hal tersebut tidak berlangsung, kemudikanlah mobil dengan kecepatan rendah.

Apa pengaruhnya?

Mobil yang meluncur dengan kecepatan rendah akan membuat jalur ban bersentuhan langsung dengan aspal. Ini tentu saja akan membuat daya cengkram ban jadi benar-benar baik.

Nyalakan Lampu Mobil
Saat hujan turun dengan cukup deras, karena itu keadaan jalanan juga jadi tidak jelas. Oleh karenanya, benar-benar dianjurkan untuk menyalakan lampu depan serta belakang mobil saat berkendara.

Bukan sekedar waktu hujan lebat, Kamu butuh menyalakan lampu mobil walau hujan cuma rintik-rintik.

Menyalakan lampu mobil waktu hujan bisa bermanfaat untuk Kamu dan pengendara yang lain. Spesial untuk Kamu, tentu saja jadi bisa lihat keadaan jalan yang ada di muka.

Selanjutnya untuk pengendara lain, tentu saja bisa lihat jika kendaraan Kamu sedang meluncur, hingga akan terlepas dari kecelakaan.

Jika mobil Kamu diperlengkapi dengan day time running lights, karena itu harus dinyalakan. Ini bisa menolong pengendara yang berada di belakang bisa lihat Kamu secara baik, hingga akan terlepas dari insiden tabrak belakang.

Nyalakan Lampu Waktu Hujan

Jangan Pakai Lampu Hazard!
Seperti yang telah diterangkan pada point awalnya, Kamu benar-benar dianjurkan untuk menyalakan lampu penting (day time).

Satu hal yang butuh diingat!

Jangan sampai memakai lampu hazard saat hujan. Apa faktanya?

Pemakaian lampu hazard justru akan membuat pengendara yang berada di belakang Kamu jadi kesusahan serta terusik. Lampu ini justru akan membuat pengendara lain jadi tidak sensitif waktu Kamu perlambat kecepatan kendaraan.

Tidak cuma itu…

Pemakaian lampu hazard akan membuat pengendara yang berada di belakang jadi tidak paham saat Kamu akan berbelok arah.

Menjaga Jarak Aman Berkendara
Jangan begitu ada dekat sama kendaraan yang lain!

Sedapat mungkin Kamu harus sesuaikan jarak aman berkendara waktu hujan turun. Keadaan jalan yang licin membuat kendaraan memerlukan jarak saat harus mengerem.

Jarak yang dibutuhkannya juga bisa disebutkan sedikit lebih jauh bila dibanding mengerem saat jalanan kering.

Perhitungannya ini:

Jarak aman waktu cuaca normal ialah seputar 2 detik dari kendaraan yang berada di depannya. Nah, jika hujan, bikin jaraknya jadi lebih jauh, yakni seputar 4 detik dari kendaraan yang ada di muka,

Tidak cuma memerlukan waktu untuk mengerem, kadang pandangan kita jadi pengendara juga kurang jelas. Keadaan ini membuat kita tidak siap untuk mengerem dadakan.

Faedah yang lain ialah dapat menghindarkan cipratan dari mobil yang ada di muka Kamu.

Hati-Hati dengan Kubangan Air!
Waktu hujan turun, lubang di jalan juga tidak kelihatan. Kamu sepakat?

Lubang besar atau kecil juga tidak kelihatan bila telah tertutup oleh kubangan air. Jika lubangnya tidak dalam, kemungkinan tidak begitu bahaya.

Tetapi bagaimana bila lubang dibalik kubangan air itu besar sekali?

Jika lubangnya besar, mobil Kamu juga bisa terjerumus di dalamnya. Jika telah ini, akan menyusahkan, kan?

Pasti perjalanan Kamu akan benar-benar terusik serta membuat jalanan jadi macet.

Kuasai Menangani Slip
Peluang berlangsungnya slip atau tergelincir waktu hujan ialah hal yang benar-benar lumrah, walau Kamu telah berkendara dengan benar-benar berhati-hati.

Seringkali satu orang pengemudi merasakan cemas saat alami slip. Umumnya apa yang Kamu kerjakan?

Butuh diingat!

Jangan sampai sekalinya langsung mencapai rem sampai habis saat berlangsungnya slip. Ditambah lagi bila mobil Kamu diperlengkapi dengan Anti-lock Braking Sistem (ABS).

Ini yang perlu Kamu kerjakan:

Jangan cemas serta tekan pedal rem dengan tentu sekalian mengendalikan kemudi sesuai arah slip. Gampang, ‘kan?

Komentar